Oleh: nocompromisegirl | 18 Agustus 2009

Kajian Muslimah Forum Muslim Untuk Syiar Islam (FORMASI) Sukabumi

Acara yang berlangsung selama 2 jam ini, mulai pukul 13.00 hingga 15.00 WIB terlaksana atas kerjasama Forum Muslim Untuk Syi’ar Islam (FORMASI) Sukabumi dan Radio Citra Lestari RSPD Kabupaten Sukabumi yang diselenggarakan pada Selasa, 18 Agustus 2009. Acara yang rutin dilaksanakan setiap 3 bulan sekali ini bertempat di Aula RSPD Citra Lestari RSPD Kabupaten Sukabumi dan dihadiri oleh ibu-ibu Majelis Ta’lim dan remaja Muslimah Sukabumi. Acara ini mengambil Tema, “Merangkai Ukhuwah di Bulan Penuh Rahmat Bersama Berjuang Terapkan Syariah Tegakkan Khilafah”. Hadir sebagai pembicara, Ummu Ahsan, Beliau adalah Aktivis Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia DPD II Sukabumi dan Alumnus S1 Tarbiyah STAI Yamisa Bandung.

Berikut adalah materi yang disampaikan oleh pembicara pada acara tersebut:

——–Menyambut Ramadhan Ala Rasulullah SAW dan Para Sahabat———

Ramadhan adalah saatnya membina diri untuk meraih taqwa, sebagaimana Allah SWT telah berfirman :”Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (TQS. A-Baqarah: 183).

Ramadhan juga adalah moment untuk menguatkan Aqidah dan keyakinan kepada Allah SWT serta memperbanyak amalan sunah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain itu, ramadhan juga selayaknya dijadikan moment untuk mempererat ukhuwah sesama muslim dengan ikatan aqidah yang kuat sehingga menjadikan umat Islam sebagai Khoiru Ummah. Sesungguhnya persatuan kaum muslim adalah sebuah keniscayaan sampai hari kiamat dan memang harus senantiasa diwujudkan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita harus senantiasa mempererat ukhuwah dengan ikatan aqidah yang kuat kepada sesama muslim:

1. Merupakan perintah Allah

Sebagaimana Allah berfirman:
“dan berpegang teguhlah kepada tali agama Allah dan jangan bercerai-berai” (TQS. Ali-Imran: 103).

Dalam hadist:
“Barangsiapa yang datang kepada kalian, sedang urusan kalian berada di tangan seseorang (khalifah), kemudian dia hendak memecah belah kesatuan jama’ah kalian, maka bunuhlah dia.” (HR. Muslim dari Ar-Fajah)

2. Dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan para Sahabat, Tabi’in dan para pengikutnya yang setia mengikuti Beliau.

3. Kesatuan umat Islam dalam wadah Khilafah yang dipimpin oleh seorang khalifah.

Sebagaimana hadist Rasul:
“Dulu Bani Israil selalu diurusi oleh para Nabi, setiap kali seorang Nabi meninggal, Nabi yang lain menggantikannya. Namun tidak akan Nabi sesudahku. Yang akan ada adalah para Khalifah dan berjumlah banyak.” Para Sahabat bertanya,” apa yang Engkau perintahkan kepada kami?” Beliau menjawab,”penuhilah baiat yang pertama dan yang pertama saja, berikan hak mereka. Sesungguhnya Allah akan memintai pertanggungjawaban terhadap urusan yang dibebankan pada mereka.” (Muttafaq’alaih dari Abu Hurairah dengan lafal Al Bukhari).

Sekarang, lantas muncullah pertanyaan, apakah sesungguhnya saat ini umat Islam ini telah bersatu?

Saat ini umat Islam belumlah bersatu, belum menjadi ummatan waahidah, Mengapa?

Dintaranya ini tidak terlepas dari adanya upaya musuh-musuh Islam untuk memecah belah umat islam, dengan cara:

1. Strategi Pemikiran
2. Strategi Politik

Strategi pemikiran

Diantaranya dengan:
• Menanamkan faham Nasionalisme
• Memelihara konflik dunia Islam dengan menanamkan ide Demokrasi, Pluralisme, dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Strategi Politik

Diantaranya dengan:
• Meruntuhkan Khilafah Islamiyah
• Memasang agen-agen mereka di negeri-negeri muslim
• Menempatkan LSM-LSM Komprador

Berikut adalah akibat buruk perpecahan umat:

1. Melemahkan umat Islam

Allah SWT berfirman:
“Taatilah Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kalian berbantah-bantahan. Sehingga menyebabkan kalian menjadi gentar dan hilang kekuatan, dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.” (TQS. Al-Anfal: 46).

Hadist Rasul:
“Seorang mukmin bagi mukmin yang lain itu laksana bangunan yang masing-masing bagiannya akan saling menguatkan satu sama lain.”(HR Ahmad, at-Tirmidzi, dan an-Nasa’i)

2. Fitnah dan kerusakan besar di muka bumi

Allah SWT berfirman:
“Orang-orang kafir itu sebagian mereka menjadi pelindung bagi sebagian yang lain. Jika kalian (Kaum Muslimin) tidak melaksanakan apa yang telah Allah perintahkan, niscaya akan terjadi kekacauan di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (TQS. Al-Anfal: 73)

3. Mendapat azab yang besar

Dalam Al-Qur’an Surat Ali-Imran:105 Allah SWT berfirman:
“Janganlah kalian menyerupai orang-orang yang bercerai berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat.”

Kini sudah saatnya umat Islam kembali bersatu menjadi satu umat dan hidup dalam satu naungan yakni Daulah Khilafah Rasyidah.

Pada Bulan Mulia yang sebentar lagi akan menghampiri kita, yaitu Bulan Ramadhan yang penuh berkah. Mari kita wujudkan persatuan Islam dan bahu membahu melawan orang-orang kafir yang senantiasa membuat rencana untuk menghancurkan Islam.

Khatimah:

Ya Allah satukanlah hati-hati kami dan damaikanlah perselisihan diantara kami dan tunjukilah kami jalan keselamatan. Aamiin…

Acara ini ditutup dengan pembacaan puisi dan doa oleh panitia.

Iklan

Responses

  1. mamang numpang lewat…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: