Oleh: nocompromisegirl | 23 Mei 2009

Goresanku 22 Mei 2009

Pembahasan yang amat luar biasa, walau sudah berulang kali membahas, tapi sungguh, baru kali ini aku menangis spanjang mengkajinya. Entahlah, apakah karna tangisan itu muncul dari kebahagiaan bahwa suatu saat nanti kita akan memasukinya, atau justru karna merasa diri ini masih jauh untuk meraihnya, apalagi mengingat amalan yang masih sangat minim saat berkontribusi dalam dakwah…Astagfirullah,,,
Surga adalah tempat yang disediakan bagi orang-orang yang beriman, dan diharamkan atas orang-orang kafir selamanya. Beriman bahwa surga adalah hak merupakan bagian dari keimanan kepada hari akhir.
Dalilnya adalah Firman Allah:
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmy dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.”(TQS.Ali-Imran:133)
Siapa saja yang mengingkari surga, neraka, hari kebangkitan atau hisab, maka termasuk orang kafir, karna terdapat nash-nash yang qath’I tsubut (pasti sumbernya) dan qath’I dalalah (Pasti maknanya) yang telah menjelaskan smua itu. Orang-orang yang menjadi penghuni surga ada beberapa macam, diantaranya:
 Para Nabi, orang-orang yang jujur, syuhada dan orang-orang yang shalih. Allah berfirman:
“Dan barangsiapa yang menta’ati Allah dan Rasul-(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu:Nabi-nabi, para shiddiqin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.”(TQS.an-Nisa:69)
 Orang-orang yang berbuat baik (al-Abrar), Allah berfirman:
“Sesungguhnya orang yang berbakti itu benar-benar berada dalam kenikmatan yang besar (surga).”(TQS.al-Muthafifin:22)
 Orang-orang yang terdahulu(masuk Islam) yang didekatkan kepada Allah. Allah berfirman:
“Dan orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalah yang paling dulu (masuk surga). Mereka itulah orang-orang yang didekatkan (kepada Allah). Berada dalam surga keni’matan.”(TQS.al-Waqi’ah:10-12)
 Ashhabul Yamin yaitu orang-orang yang menerima buku catatan amal dari sebelah kanan. Allah berfirman:
“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya, dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk. Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung, dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan, penuh cinta lagi sebaya umurnya. (Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan,”(TQS al-Waqi’ah:27-38)

 Al-Muhsinun, yaitu orang-orang yang senantiasa berbuat baik dengan ikhlas dan sesuai dengan aturan syariat. Allah berfirman:
“Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya.” (TQS. Yunus (10) : 26)

 Ash-Shabirun, yaitu orang-orang yang bersabar. Allah berfirman:
“(Yaitu) surga Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu. (Sambil mengucapkan): “Salaamun alaikum bima shabartum (Selamat sejahtera atasmu karena kesabaranmu).” Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (TQS. ar-Ra’d (13):23-24)
 Orang yang takut saat menghadap Tuhannya. Allah berfirman:
“Dan bagi orang-orang yang takut saat menghadap Tuhannya ada dua surga.” (TQS ar-Rahman:46)
To be continued….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: