Oleh: nocompromisegirl | 23 Maret 2009

Kenal KHILAFAH??

Apa itu Khilafah?

Khilafah atau Daulah Islam bermakna kepemimpinan umum bagi seluruh kaum muslim di dunia untuk menegakkan hukum-hukum Syariat Islam dan mengemban Islam ke seluruh penjuru dunia.

Kenapa harus Khilafah?

Kita, sebagai kaum muslimin sangat butuh Khilafah Islam. Islam tidak hanya mengurusi sholat, zakat, puasa, haji, tapi juga masalah ekonomi, tata pergaulan, politik, pemerintahan, hukum, peradilan, dan seluruh aspek kehidupan. Untuk merealisasikannya harus dengan Khilafah. Tampa Khilafah, Islam hanya menjadi agama ritual semata, sedangkan aturan yang lainnya tidak dapat diterapkan.

Berbedakah dengan sistem yang lain?

Khilafah Islam bukan sistem kerajaan karena tidak ada pewarisan kekuasaan dan pemerintahan akan dilaksanakan oleh orang yang di bai’at oleh umat dengan ridho dan kebebasan memilih.

Khilafah juga bukan sistem republik karena kedaulatan berada di tangan syara’ (Allah SWT) bukan di tangan rakyat meskipun kekuasaan di tangan umat. Dalam hal ini Khalifah maupun umat tidak berhak membuat aturan, yang berhak hanya Allah SWT. Umat tidak berhak memecat Khalifah sampai kapanpun jika dia masih menegakkan aturan Allah. Sebaliknya, biarpun baru menjabat semalam, jika dia tidak menerapkan aturan Islam maka umat wajib memberhentikannya.

Apa hukumnya mendirikan Khilafah?

Secara hukum, Allah sudah menetapkan kewajiban untuk menerapkan semua hukum Islam dan itu hanya bisa ditempuh melalui tegaknya Khilafah Islam. Firman Allah SWT “Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan. Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu”(TQS Al Maidah:48). Dalam hadis yang diriwayatkan dari Nafi’, berkata Abdullah bin Umar pernah berkata kepadaku: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Siapa saja yang melepas tangannya dari ketaatan kepada Allah niscaya ia akan berjumpa dengan Allah di hari kiamat tanpa memiliki hujjah. Dan siapa yang mati sedang dipundaknya tidak ada bai’at maka matinya adalah mati jahiliyah”, ayat dan hadis di atas menunjukkan bahwa aturan Islam harus ditegakkan dan ketiadaan bai’at yakni tidak adanya Khilafah akan menyebabkan kita tidak diridhoi Allah (mati jahiliyah).

Secara fakta, sekarang kaum muslimin terpecah belah menjadi 56 negara, belum lagi dipecah belah lagi oleh kafir barat menjadi negara yang saling bertikai. Potensi sumber daya manusia, sumber daya alam tidak diolah dengan baik karena kita tidak mempunyai visi yang satu yaitu akidah islam, tidak menggunakan aturan yang benar yakni Syariah Islam dan tidak mempunyai wadah yang menyatukan umat, yakni Khilafah Islam. Umat Islam terhina di negerinya sendiri, sementara semua harta yang dimilikinya habis dikeruk oleh kafir barat. Maka, khilafah itu wajib/fardhu.

Bagaimana mewujudkannya?

Mewujudkan Khilafah tidak sulit, tapi juga tidak mudah. Butuh kesadaran dari seluruh kaum muslimin. Rasulullah SAW memberikan contoh kepada kita metode untuk mewujudkannya: 1) membina dan mengkader para sahabat dengan pemikiran islam; 2) mendoorong mereka untuk menginteraksikan Islam kepada masyarakat hingga terbentuk kesadaran; 3) mendirikan Khilafah di Madinah. Perubahan besar pasti bisa dilakukan asal ada kesadaran dan upaya sungguh-sungguh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: