Oleh: nocompromisegirl | 17 Maret 2009

Penghuni RS Jiwa Akan Bertambah, Kegagalan Menjadi Wakil Rakyat Jadi Pemicu

Pasien rumah sakit jiwa akan bertambah. Pemicunya adalah kegagalan meraih kursi wakil rakyat setelah kampanye dan pemilu legislatif 9 April 2009. Hal ini akibat kampanye bersifat membuang dana dan komposisi kursi wakil rakyat dengan calon legislator tidak sebanding.

Di DKI Jakarta terdapat 2.268 calon anggota DPRD provinsi untuk 94 kursi, 606 calon anggota DPR untuk 21 kursi, dan 41 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk empat kursi saja.

Hal ini disampaikan Ketua Kelompok Kerja Calon Legislator Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Sumarno, pembicara tunggal pada sosialisasi tahapan Pemilu 2009 bagi pemilih pemula, Senin (16/3) di Jakarta. ”Kampanye selama ini menjadi ajang membuang dana. Tidak sedikit caleg yang habis-habisan menjual harta benda untuk kampanye yang belum tentu dimenangkan,” katanya.

Sumarno mengatakan, ke depan, efisiensi dan efektivitas penggunaan dana kampanye perlu menjadi kajian yang mendalam agar tak sekadar menghambur-hamburkan dana di tengah situasi krisis seperti sekarang. Contoh penghematan dana terkait pemilu saat ini juga ditempuh pemerintah, antara lain dengan dihilangkannya ketentuan pembuatan kartu pemilih dan mulai digantikan dengan kertas undangan pemilih menjelang pemilu. Pemilih hanya menunjukkan kartu identitas saat menggunakan hak suaranya.

Ketua Kelompok Kerja Kampanye KPU DKI Jakarta Dahliah Umar menambahkan, kampanye pemilu sampai kini belum menemukan cara-cara efisien untuk menghemat dana. Pada kampanye, beban pengeluaran dana dari caleg meningkat.

”Jika dikatakan pascapemilu akan banyak RS jiwa bertambah pasien, besar kemungkinan itu terjadi,” kata Dahliah. (Koran Kompas, 17/03/09)

Opini:

Ya mau gimana ga gila, uang yang harus dikembalikan pasca kampanye ktika tidak terpilih, jumlahnya ratusan juta bahkan bisa mencapai milyaran.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: