Oleh: nocompromisegirl | 13 Maret 2009

New Year

Sobat jee, tahun 2009 yang baru kita injak beberapa hari ini, tentu tidak akan kita lalui tanpa tujuan dan cita-cita serta harapan baru… tapi tentu saja bukan berarti kita meninggalkan cita-cita dan harapan kita di tahun lalu yang belum terwujud, sudah barang pasti itupun harus terus kita perjuangkan agar dapat terwujud di tahun ini. Jangan Percaya Ramalan, itu satu pesan dari saya buat sobat jee dalam mengawali tahun baru… karna dengan ramalan, hidup akan terasa sempit, dan membatasi ruang gerak dalam mengambil sikap menapaki perjuangan… Ramalan seolah-olah telah memvonis hidup kita di masa yang akan datang, aneh ya.. padahal kan belum kita lalui dan coba kita usahakan!!! Bukankah Allah telah berfirman dalam QS. Ar-Ra’du ayat 11 bahwa, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka.” Dan tentu ga dipungkiri juga bahwa ada yang namanya takdir, tapi biarlah itu menjadi urusan Yang Maha Kuasa, yang terpenting, kita terus berusaha menggapai cita-cita…urusan hasilnya, kita serahkan pada keputusan Sang Pemilik Alam Raya.

Sobat jee, bagi sebagian masyarakat Indonesia, mereka mengawali tahun 2009 dengan penuh kesedihan, harapan mereka untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik dari tempat kerja mereka, justru malah berujung PHK masal atau sekedar dirumahkan. Smua ini terjadi memang bukan tanpa sebab. Krisis keuangan global yang melanda Amerika ternyata juga berimbas pada negara2 yang mengikuti mekanisme perekonomian mereka. Termasuk negara kita tercinta. Permintaan ekspor barang2 dari dalam negri menurun secara drastis, smua ini mengakibatkan barang2 hasil produksi tertumpuk di gudang, dampaknya, beberapa perusahaan tak sanggup membayar sebagian upah pegawai, akhirnya mereka mengambil solusi untuk mem-PHK sebagian pekerja mereka dan ada juga yang dirumahkan untuk sementara waktu, mungkin sampai ekspor kembali stabil… tapi tentu smua ini memunculkan sebuah pertanyaan mendasar, lantas kapan ekspor akan kembali stabil?tentunya akar permasalahan inilah yang harus dicarikan dulu solusinya, yaitu, bagaimana agar krisis keuangan global ini berakhir? Mari kita analisis…

Pada faktanya, menurunnya permintaan ekspor hanyalah salah satu efek yang timbul dari permasalahan ini. Permasalahan lainnya adalah nilai tukar rupiah semakin melemah. Dengan melemahnya rupiah, cadangan devisa Indonesia akan menguap karna menggunakan dolar AS. Fakta krisis ini sama dengan yang terjadi pada tahun 1997-1998, penyebabnya pun sama, salah satu diantaranya: penggunaan mata uang, ketika cadangan yang digunakannya bukan emas dan perak, melainkan mata uang negara lain (Dolar AS). Inilah yang menyebabkan terjadinya fluktuasi kurs tukar mata uang, yang juga bisa berdampak pada menguapnya cadangan devisa negara.

Maka solusi yang harus diambil adalah, mengganti cadangan mata uang dengan emas dan perak, karna emas dan perak memiliki kurs yang stabil antar negara. Dan masih banyak keunggulan lainnya jika kita menggunakan emas dan perak. Tapi semua itu akan sulit jika kita tidak berani untuk melepaskan diri dari mekanisme keuangan dan perekonomian ala Amerika. Sekarang sudah saatnya kita untuk think out of the box, mengapa harus think out of the box? Karena dengan cara inilah kita bisa menyelesaikan masalah langsung dari akarnya, pangkal masalah ini (krisis keuangan global) adalah penggunaan sistem ekonomi kapitalisme yang digunakan oleh AS, juga sebagian besar negara2 di dunia, termasuk negeri kita tercinta.

Ya berarti solusi yang paling mendasar adalah mengganti sistem ekonomi kapitalisme, karna pangkal masalahnya ada di situ. Tapi dengan sistem apa kita menggantinya?? Menarik apa yang dikatakan Gerald Friedman, “Yang lebih penting lagi, sistem kapitalis atau sistem sosialis apapun hanya bisa dihancurkan oleh sistem yang berlawanan yang didukung oleh munculnya kelas2 dalam perekonomian.”

So, sobat jee.. inilah tugas kita di tahun 2009, menemukan sistem yang berlawanan itu, lalu menerapkannya.. karna kita butuh perubahan secepatnya!!! Sedetik saja kita telat mengambil langkah, maka berapa banyak lagi sodara kita yang kehilangan pekerjaan karna PHK, bahkan sobat jee, kemaren saya liat di berita, yang ikut tes CPNS ternyata bukan hanya yang belum kerja sama sekali, tapi ternyata banyak juga diantaranya yang udah jadi pekerja swasta. Ketika ditanya apa alasannya, katanya mereka takut kena PHK. maklum, kalo swasta kan sangat rentan. Jadi mereka mencoba peruntungan dengan ikut tes CPNS. ”Kalo jadi PNS kan enak, ada pensiunannya, n ga ada istilah PHK”, ujar mereka ketika diwawancara seusai tes CPNS. Smua itu adalah wujud ketakutan sebagian rakyat Indonesia. Tapi maukah kita terus dibayang-bayangi dengan ketakutan semacam ini?? Ga mau kan!! Makanya, kita sambut tahun baru, dengan perubahan dan semangat baru, menuju Indonesia lebih baik!!!![] [hasnaalifah]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: