Oleh: nocompromisegirl | 13 Maret 2009

Muslimah Maniax Musik

Kemana-mana bawa walkman, MP3, MP4… mungkin itu salah satu cirri yang bias kamu liat dari sesosok muslimah yang maniak sama musik… sambil belajar, dengerin musik, sambil masak, dengerin musik, sambil nyapu, dengerin musik, sambil ngepel, dengerin musik, belajar di kampus juga sambil dengerin musik (Upz, itu mah aq za kalie!!), bahkan sambil tidurpun dengerin musik (oh, kalo itu mah klupaan kali, MP3-nya lum dimatiin, headsetnya masih kepasang di telinganya) eits tapi awas lho.. bahaya tuh.. lebih baik sebelum tidur, MP3-nya dimatiin dulu, headsetnya lepasin dulu dari telinga, karna kalo ngga, leher kamu bisa kebelit sama kabel headset, apalagi kalo kamu tipe orang yang tidurnya motah (gak bisa diem, gerak2 mulu)….

Emang ga dipungkiri, musik memang bisa menghanyutkan siapaun yang mendengarnya. Terutama kaum cewe, yang lebih cenderung menggunakan perasaan dibanding akalnya. Buat cewe2 yang lagi pada jatuh cinta, pasti bakalan kepincut abis sama lagunya J-Rock yang Falling In Love, sedangkan bagi para cewe yang lagi bimbang memilih pasangan dan berada diantara dua pilihan, lagu Letto dengan judul Lubang Di Hati, pasti jadi salah satu favourite song….”Apakah itu kamu, apakah itu dia, selama ini, kucari tanpa henti.”, nah kalo buat para cewe yang lagi pada ditembak (Eits ditembak disini bukan mau dipacarin lho, tapi di khitbah-dilamar-) pasti lagu Saden cocok buat kamu, yang liriknya kaya gini nie…”Oh senangnya, saat kau khitbah aku…. langsung kujawab, iya kau jadi suamiku” HuHuii… Suit SuiwW…

Musik bener2 bisa melenakan, apalagi kalo lirik lagunya pas banget sama sikon (Situasi n Kondisi) kita pas lagi ngedengerin lagu itu… bahkan saing melenakannya, kita bisa lupa ngapa-ngapain alias jadi males, pengennya diem di kamar sambil ngelamun dengerin MP3, sambil nyanyi2 pula… ga jarang juga saking terlenanya sama musik, sambil ngedengerin, bisa sampai jingkrak2 kalo ngedengerin lagu Hip Hop, R & B, atau Rock, tapi bisa juga sampe banjir air mata, kalo ngedengerin musik pop yang menyayat hati (silet kalie!!). kalo cewe emang lebih cenderung suka sama musik pop yang menyayat hati, ya lagu2 cengeng gto. Walo ga sedikit uga yang seneng sama lagu2 Hip Hop, R & B, atau Rock.

Musik juga bisa jadi candu, kalo udah demen (suka) banget sama 1 lagu, pasti terus kita puter ulang (kalo di MP3), trus kita tungguin di stiap acara di radio, bahkan ga jarang yang saking gregetnya gara2 lagu yang di demenin ga diputer2, sampe akhirnya berkorban pulsa untuk nelpon dan ngerequest lagu secara on air. Nah buat para cewe yang ga Cuma demen ama musik tapi juga ama penyanyinya. Biasanya mereka lebih anteng nongkrongin acara2 MTV, DAHSYAT, INBOX…. ya pokonya acara2 musik yang menyajikan dalam bentuk visualnya juga alias ada video klipnya.

Tapi Girlz, sebagai seorang muslimah, segala aktivitas yang kita lakukan (termasuk ngedengerin musik), harus senantiasa terikat dengan hukum syara, sebagaimana dinyatakan dalam kaidah Ushul Fikih, ”Al aslu fi af’al at taqoyyudu bi ahkami syar’i”. Bagi sebagian Ulama Salaf memang ada yang mengharamkan berlandaskan pada riwayat Imam Hushain, bahwa ia berkata, Rasulullah SAW bersabda,

”Akan terjadi pada umatku, lemparan batu, perubahan bentuk, dan tenggelam ke dalam bumi.” Dikatakan,”Ya Rasulullah, kapan itu terjadi?” Beliau menjawab,” Jika telah tampak alat2 musik, banyaknya penyanyi wanita, da diminumnya khamr2” (dikeluarkan oleh Tirmidzi, IbnuAbiddunya dan lain2, lihat Tahrim ’alath Tharb halaman 63-64).

Namun sebagian lainnya menghalalkan musik dan nyanyian, diantaranya adalah Abdullah bin Ja’far, Abdullah bin Zubair, Al-Mughirah bin Syu’bah, Usamah bin Zaid, Umran bin Hushain, Muawiyah bin Abi Sufyan, Atha bin Abi Ribah, Abu Bakar Al-Khallal, Abu Bakar bin bin Abdul Aziz, Al-Ghazali dan lain2.

So yang pasti, ketika kalian ngedengerin musik, harus bener2 diperhatiin lirik lagunya, jangan sampe melenakan atau bahkan bisa mendorong pada kemaksiatan karna membangkitka syahwat, apalagi alo sampe melalaikan kewajiban sebagai seorang muslim, misalnya nangguhin sholat…..

Ngedengerin musik sah2 aja, buat menghilangkan kejenuhan atau biar nambah semangat, slain lirik, kamu juga harus pehatiin bener sama yang namanya situasi saat kamu ngedengerin musik, atau kalo memang pada sebuah event, kamu juga arus perhatiin, walopun dengerin lagu2 Gigi yang reliji, tapi kalo Ikhtilat (campur baur sama yang bukan mahromnya) pas nonton, tetep za ga boleh, karna ikhtilat hukumnya haram dalam Islam… atau misalnya penyanyinya nontonin aurat, sama za tu juga ga boleh.

Terakhir, qta harus tau dampak dari musik yang qta dengerin, kalo positif, misalnya dengerin lagu nasyid perjuangan, truz jadi nambah Ghiroh (Semangat) qta untuk berdakwah, itu jelas boleh, bahkan bagus banget, tapi kalo ternyata negatif, misalnya dengerin lagu2 yang bisa ngebawa kita sama kemaksiatan, itu baru ga boleh kita dengerin, bahkan harus sebisa mungkin kita jauhin…[nocompromise_girlz]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: