Oleh: nocompromisegirl | 13 Maret 2009

Mengelola Lagu di iPod

TANYA:

Assalaamu’alaikum. Saya punya sebuah iPod Video 30 Gb, saya bingung bagaimana memindahkan lagu ke dalam iPod saya, jika menggunakan cara yang sama seperti MP3 Player lainnya maka lagunya tidak terbaca di iPod-nya, dan pernah juga rusak hingga tidak nyala iPod tersebut karena saya memindahkan lagu dengan meng-copy langsung ke iPod?

Rusli

[Bogor]

JAWAB:

‘alaikumussalam wr wb,

iPod habitat alaminya ialah dunia Macintosh, sehingga sistem file yang terdapat padanya tidak cocok dengan sistem file pada Windows. Untuk menjembatani ketidaksamaan sistem file tersebut dalam paket penjualannya iPod selalu menyertakan program iTunes dalam CD drivernya.

Nah, satu kebiasaan pada kebanyakan orang ialah malas untuk membaca buku panduan yang terdapat pada barang apapun, termasuk iPod. Dalam buku panduan iPod ada peringatan yang jelas untuk jangan sekali-kali menghubungkan iPod ke komputer sebelum program yang terdapat pada CD drivernya diinstal. Kalau semua program pada CD driver yang disertakan diinstal terlebih dahulu maka kamu baru boleh menghubungkan iPod kamu dengan komputer dan memindahkan lagu dari komputer ke iPod dengan menggunakan software iTunes.

Jangan sekali-kali memindahkan file lagu langsung ke iPod yang kamu miliki karena dapat menyebabkan firmware (sistem) pada iPod kamu terhapus dan harus diinstal ulang, padahal untuk menginstal firmware jauh lebih sulit dari sekedar menginstal program seperti iTunes. Saran dari kami ialah baca buku petunjuk dengan teliti sebelum mengoperasikannya. [ariandi]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: