Oleh: nocompromisegirl | 13 Maret 2009

Komputer Rakitan atau Built-up

Assalaamu’alaikum wr wb. Saya mau membeli komputer, hanya saya bingung mana yang saya pilih apakah saya membeli komputer rakitan atau komputer built-up?

Anisa

[Jakarta]

JAWAB:

‘alaikumussalam wr wb,

Adalah sebuah istilah yang salah ketika memisahkan komputer antara rakitan dan built-up, yang lebih tepat ialah komputer rakitan atau branded. Kenapa istilah branded lebih tepat digunakan dibanding built-up, karena paket komputer yang dikeluarkan oleh satu vendor/merk bukan hanya didominasi oleh pemain asing, tetapi banyak juga pemain lokal yang menyediakan paket komputer jenis ini. Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara membeli komputer rakitan dengan komputer branded kecuali dalam hal merek dan harga.

Komputer rakitan ialah komputer yang dirakit sesuai dengan keinginan pembeli atau atas saran toko komputer tempat kita membeli, yang sudah tentu barang yang dipergunakannya baik merek, jenis, serta kualitas tergantung dari pilihan sang pembeli. Sedangkan komputer branded ialah komputer yang memiliki merek tertentu yang isi dari komputer tersebut sudah ditentukan dari perusahaan yang membuatnya. Ada kekurangan dan kelebihan dari masing-masing pilihan tersebut.

Komputer rakitan memiliki kelebihan kita bisa memilih isi dari komputer sedetail mungkin, mulai dari merek, tipe, jenis komponen yang akan dipasang. Komputer jenis ini juga umumnya lebih murah dibanding komputer branded dengan spesifikasi yang sama. Kemampuan komputer untuk di-up-grade jauh lebih besar karena komponen yang dipakai ialah komponen umum. Dan dari pengalaman komputer rakitan jauh lebih mudah untuk mengklaim garansi, karena cukup membawa komponen yang rusak saja, sedangkan komputer branded harus membawa CPU-nya.

Sedangkan komputer branded memiliki kelebihan dari kualitas komponen yang pasti bagus, tidak seperti komputer rakitan yang kualitas komponennya tergantung pilihan. Keuntungan lainnya ialah jaminan vendor/perusahaan pembuatnya lebih bisa dipertanggung jawabkan, dan jauh dari kemungkinan menghindar dari klaim garansi, meskipun biasanya waktu yang dibutuhkan untuk mengklaim lebih lama.

Dari penjelasan diatas tinggal dipilih yang mana yang lebih cocok bagi kita, apakah komputer rakitan atau komputer branded [ariandi]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: